June 20, 2014

Sekilas Mengenai JAVA

Image Source : www.webupd8.org

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem (yang kemudian di akuisisi oleh perusahaan Oracle pada 2010). Pada tahun 1991-1992, James Gosling bersama rekan-rekan programmernya menjalankan sebuah Green Project.
Proyek ini awalnya bertujuan untuk membuat sebuah bahasa pemrograman kecil yang akan digunakan pada peralatan elektronik. Bahasa pemrograman ini kemudian diberi nama Oak yang merupakan nama salah satu pohon yang tumbuh diluar jendela pemimpin proyek tersebut.
Bahasa pemrograman Oak merupakan modifikasi dari C++, sehingga banyak feature dari C++ yang juga ada di Java. Bahasa Oak berganti nama menjadi Java setelah adanya perubahan cara pelayanan konsumen peralatan elektronik dari pelayanan manual menjadi pelayanan online. Hal ini membuat pihak Sun Microsystem mengganti bahasa pemrograman desktop menjadi web browser. Web browser yang dirilis pada Maret 1995 ini diberi nama HotJava.
Bahasa pemrograman Java mengusung slogan “Write Once Run Everywhere”, yang berarti semua kode program yang ditulis dalam bahasa pemrograman ini dapat berjalan di berbagai system operasi dan berbagai platform tanpa bergantung pada arsitektur komputer asalkan ada mesin penterjemah bahasa Java yang disebut Java Virtual Machine (JVM).
Untuk menjalankan kode program yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu, maka kode program tersebut harus dikompilasi. Proses kompilasi ini harus dilakukan di mesin komputer tempat kode program tersebut ditulis sehingga hanya dapat dijalankan pada arsitektur komputer tersebut. Permasalahan akan muncul ketika program tersebut ingin dijalankan komputer lain yang memiliki arsitektur berbeda dengan lingkungan program tersebut dibangun. Java menawarkan solusi akan hal itu dengan memiliki dua buah platform penting untuk membangun perangkat lunak yaitu :
(1)   Java Virtual Machine (JVM), untuk penerjemah kode program yang telah dikompilasi menjadi kode mesin sehingga membuat program Java dapat dijalankan pada komputer bersistem operasi apapun.

(2) Java Runtime Environment (JRE), sebagai lingkungan pendukung proses eksekusi program ketika JVM menerjemahkan program itu ke dalam bahasa mesin.

Teknologi Java bisa dikatakan sebagai sebuah bahasa pemrograman dan sebuah platform. Sebagai bahasa pemrograman, Java dapat dicirikan dengan istilah-istilah berikut :
  • Sederhana
  • Berorientasi Objek
  • Terdistribusi
  • Multithread
  • Dinamis
  • Arsitektur Netral
  • Portabel
  • Kinerja Tinggi
  • Kuat
  • Aman
Semua baris perintah dalam bahasa pemrograman ini ditulis ke dalam sebuah file teks dengan ekstensi .java. Kemudian file tersebut disusun kembali ke dalam sebuah file .class oleh Javac kompiler. File .class hanya berisikan susunan bytecodes dari baris perintah yang ditulis sebelumnya. Yang mana kemudian di terjemahkan oleh Java Virtual Machine (JVM) menjadi sebuah aplikasi. Setelah itu, Java launcher tool akan menjalankan aplikasi yang telah diterjemahkan oleh JVM tersebut.



Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Java juga bisa dikatakan sebagai sebuah platform. Platform adalah lingkungan hardware atau software di mana sebuah program berjalan.  Platform Java memiliki dua komponen, yaitu  : 1.) Java Virtual Machine; 2.) Java Application Programming Interface (API). Java Virtual Machine merupakan dasar Java Platform yang memungkinkan aplikasi dengan bahasa pemrograman Java dapat dijalankan dalam berbagai macam platform hardware (Windows, Mac OS, Linux, dll). Sedangkan API merupakan sebuah kumpulan dari komponen perangkat lunak yang telah dibuat dan siap pakai.   



Referensi :
1) http://www.oracle.com/us/sun/index.html

0 comments:

Post a Comment