June 21, 2014

Malas Menulis

Image Source : https://amateurxpress.files.wordpress.com

Menulis merupakan suatu hal yang bagi sebagian orang mudah dan sebagian lain tidak. Menulis itu mudah bagi mereka yang sudah terbiasa. Para penulis besar bisa sukses dalam hal menulis karena mereka sudah terbiasa melakukan hal tersebut.
Namun saya yakin, pada awalnya mereka pun akan kesulitan menulis. Tapi mereka tidak mau putus asa dan menyerah begitu saja. Mereka terus berlatih dan rutin melakukan kebiasaan tersebut. Misalnya dengan membiasakan menulis 1-3 paragraf per harinya. Lama kelamaan kebiasaan tersebut meningkat secara otomatis, yang awalnya 1-3 paragraf perhari menjadi 1-3 halaman per hari. Sehari demi sehari kebiasaan tersebut dilakukan, maka akan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari tulisan yang dihasilkan. Akan tetapi, kenapa masih banyak orang yang enggan menulis?. Satu-satunya faktor yang menurut saya berperan dalam hal tersebut adalah faktor “M”. MALAS.
Malas merupakan suatu penyakit yang sulit disembuhkan. Karena obat bagi penyakit malas ini ada
pada masing-masing orang. Apabila orang tersebut tidak mau menghilangkan rasa malas dari dirinya, maka sampai kapan pun penyakit ini terus bersemayam dalam tubuh orang tersebut. Malas dalam menulis biasanya didasari oleh beberapa hal. Menurut saya, beberapa hal yang mendasari tersebut antara lain :
·         Kurang Wawasan dan Sedikit Ilmu
Kebanyakan orang akan minder karena merasa dirinya masih dangkal ilmu. Memang untuk menulis, seseorang disyaratkan memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Ilmu dan wawasan tersebut dapat dijadikan modal untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Namun syarat tersebut sangat diwajibkan bagi mereka yang sudah lama menggeluti dunia tulis menulis. Bagi orang yang mau memulai menulis, syarat tersebut bisa dikesampingkan. Karena target utama bagi orang yang memulai adalah membuat menulis tersebut menjadi kebiasaan rutin. Karena menulis sudah menjadi kebiasaan, maka orang akan rajin membaca buku-buku, browsing internet dan media lainnya, untuk mencari inspirasi dan bahan dalam membuat tulisan mereka. Hal tersebut secara otomatis akan menambah luas ilmu dan wawasan mereka.    
·         Takut Tidak Bisa Menghasilkan Tulisan Yang Bagus
Penulis terkenal tidak menghasilkan tulisan yang bagus dalam waktu satu malam. Tulisan mereka menjadi bagus, karena mereka melakukannya bertahun-tahun. Melewati berbagai macam kritikan dan penolakan dari orang banyak. Namun mereka tidak menyerah dan putus asa. Kritikan dan penolakan tersebut dijadikan mereka sebagai motivasi untuk bisa maju dan menghasilkan tulisan yang bagus. Jadi, bagi yang baru memulai menulis, jangan takut menghasilkan tulisan yang tidak bagus. Karena hal tersebut wajar bagi pemula. Dengan tetap terus menulis, maka dengan sendirinya kemampuan untuk menghasilkan tulisan yang bagus dapat tercapai.
·         Tidak Punya Waktu Luang
Alasan yang satu ini juga menghambat seseorang untuk memulai menulis. Banyak yang beralasan, waktu mereka sudah habis untuk melakukan kegiatan lain, seperti bekerja, berolahraga, jalan bareng bersama teman-teman, acara keluarga dan lainnya. Padahal waktu tersebut dapat dimaksimalkan.  Disela-sela waktu tersebut masih bisa digunakan untuk menulis. Dalam memulai, kita tidak harus menulis satu halaman utuh. Kita bisa memulai dengan satu kalimat terus meningkat satu paragraf, satu halaman, satu lembar dan akhirnya satu buku. Jadi maksimalkan waktu yang ada untuk menulis walau itu hanya satu kalimat.

Lalu, bagaimana caranya bisa menghilangkan sifat malas beserta alasan-alasan yang menghambat untuk memulai menulis?. Hanya satu kata dari saya. ACTION!!!. Lakukanlah!!!. Jangan menunda-nunda lagi. Apabila punya waktu luang sedikit dan sesempit apapun, isilah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang salah satunya dengan menulis. Dengan segera melakukannya, maka alasan-alasan untuk menjadi malas menulis satu persatu dapat diatasi dan dihilangkan.

So, Keep Smile...
And Lets make your Writing Habits...    

0 comments:

Post a Comment