June 02, 2012

APLIKASI METODE TRANSPORTASI NORTWEST CORNER

APLIKASI METODE TRANSPORTASI NORTWEST CORNER DENGAN TABEL TRANSPORTASI 4x6 MENGGUNAKAN DELPHI


A. PENJELASAN
Pendistribusi barang dari suatu pabrik ke gudang-gudang penyimpanan menjadi permasalahan yang komplek. Hal ini dikarenakan, untuk 1 kali distribusi memerlukan biaya. Para manager harus bisa menentukan komposisi atau jalur pendistribusian terbaik untuk menghasilkan proses pendistribusian maksimum dengan biaya seminimal mungkin.
Karena jika hal ini tidak di atur dengan baik, akan memberi kerugian bagi perusahaan. Apalagi jika biaya yang diperlukan bernilai jutaan atau bahkan milyaran. Untuk itu diperlukan sebuah metode khusus untuk mampu membantu para manager dalam menentukan komposisi pendistribusian barang dari pabrik ke gudang.
Solusi bisa dicari dengan membuat tabel transportasi. Tabel transportasi merupakan sebuah tabel yang merepresentasikan banyaknya jumlah Penawaran (Pabrik) dan jumlah Permintaan (Gudang). Adapun tabel tersebut bisa dibuat seperti di bawah ini :


Tabel tersebut bisa dicari solusinya menggunakan beberapa metode yang ada pada bidang ilmu Riset Operasi. Pada aplikasi ini, metode yang digunakan yaitu Metode Northwest Corner. Ciri khas dari metode ini yaitu dengan mengerjakan solusi dari pojok kiri atas tabel hingga pojok kanan bawah tabel. 
Secara umum langkah-langkah pengerjaan tabel transportasi menggunakan Metode Northwest Corner, yaitu :
  1. Tampilkan persoalan dalam matriks.
  2. Selalu memulai pengisian yang pertama kali pada jalur yang berada pada pojok kiri atas. Pengisian atau pengalokasian barang pada jalur ini harus berpedoman kepada kapasitas yang ada dan jumlah permintaan yang harus dipenuhi.
  3. Lakukan gerakan zig-zag dari pojok kiri atas ke arah kanan bawah, sampai semua barang yang diproduksi habis terdistribusi dan memenuhi semua permintaan yang ada.
  4. Hitung total biaya yang diperoleh.

Misalnya, dengan tabel transportasi di atas. Pertama-tama isikan nilai maksimum pada kolom pojok kiri atas, sehingga kapasitas penawaran pada baris pertama sudah habis. Kemudian isikan nilai maksimum pada baris kedua sesuai kapasitas, sehingga kapasitas permintaan pada kolom 1 habis. Isikan lagi pada kolom kedua baris kedua dengan nilai maksimum, sehingga kapasitas penawaran pada baris kedua habis. Isikan lagi pada kolom kedua baris ketiga dengan nilai maksimum, sehingga kapasitas permintaan pada kolom kedua habis. Dan terakhir isikan nilai maksimum, sehingga kapasitas penawaran pada baris dan kolom ketiga habis. Pengerjaan pun selesai dan terbentuklah tabel solusi permasalahan transportasi seperti di bawah ini.  

B. DESKRIPSI PROGRAM
Program ini dibuat mengunakan Delphi XE2 dengan bahasa pemrograman object pascal. Program hanya terdiri dari 1 form utama, yang dijadikan sebagai interface langsung kepada user. Interface program menyajikan tampilan tabel transportasi statis 4x6 dengan nilai cost masing-masing kolom dibuat statis dan untuk kolom permintaan dan penawaran di buat dinamis, sehingga user dapat memanipulasi nilai-nilai tersebut sesuai dengan kebutuhan. Pada interface ini juga dimuat 2 tombol, yaitu tombol proses dan tombol Simpan File. Tombol proses berfungsi untuk menjalankan prosedur yang telah dibuat dalam memberikan solusi terhadap tabel transportasi yang ada. Sedangkan tombol Simpan File, untuk menyimpan hasil ke dalam beberapa format output yang di dukung, seperti output ke dalam format file PDF dan file HTML.

C. SOURCE CODE
Procedure Northwest Corner

procedure TForm1.nwc;
var
  i,j: byte;
begin
  for i := 1 to 4 do
  begin
    for j := 1 to 6 do
    begin
     if (kapasitas[i]<>0) and (kebutuhan[j]<>0)  then
     begin
       if kapasitas[i] > kebutuhan[j] then
          begin
            arraykolom[i,j].kolom:=kebutuhan[j];
            kapasitas[i]:=kapasitas[i]-kebutuhan[j];
            kebutuhan[j]:=kebutuhan[j]-kebutuhan[j];
          end
       else
       if kapasitas[i] < kebutuhan[j] then
          begin
            arraykolom[i,j].kolom:=kapasitas[i];
            kebutuhan[j]:=kebutuhan[j]-kapasitas[i];
            kapasitas[i]:=kapasitas[i]-kapasitas[i];
          end
       else
       if kapasitas[i] = kebutuhan[j] then
          begin
            arraykolom[i,j].kolom:=kapasitas[i];
            kebutuhan[j]:=kebutuhan[j]-kapasitas[i];
            kapasitas[i]:=kapasitas[i]-kapasitas[i];
          end;
     end;
    end;
  end;
end;



D. INTERFACE APLIKASI 
Adapun tampilan dari aplikasi yang dibangun adalah seperti gambar di bawah ini :










Location: Jalan HKSN, Indonesia

3 comments:

  1. mas, bisa minta bantuan gk? saya juga sedang membuat aplikasi metode transportasi, tp saya tidak tau source code untuk matriksnya

    ReplyDelete
  2. mas, saya lagi buat program skripsi soalnyaa

    ReplyDelete