November 28, 2011

Rapid Development With Android

Android Application Development in 24 Hours


Salah satu buku yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi anda yang ingin belajar membuat aplikasi android.
Seperti judulnya, Android Application Development in 24 Hours, anda akan diajak belajar men-develop sebuah aplikasi dalam waktu 24 jam. Isi dari buku ini dibagi ke dalam 5 bagian, yaitu :
  • Part I : Android Fundamentals
Bagian pertama pada buku ini mengajak kepada para pembaca untuk memahami dasar-dasar pemrograman dalam men-develop sebuah aplikasi android. Mengenal sejarah dari perkembangan android itu sendiri, mengenal konsep yang diusung oleh android, memulai mendevelop sebuah aplikasi android, memanage sumber (resources) yang digunakan oleh sebuah aplikasi android, melakukan pengaturan pada Android Manifest file dan mendesain sebuah framework aplikasi android.
  • Part II : Building an Application Framework
Bagian kedua menyuguhkan materi bagaimana cara membikin sebuah animasi splash screen, membikin layar menu utama, membikin layar Help & layar Scores, membikin sebuah form inputan, membuat sebuah input dialog, serta menambahkan logika aplikasi.
  • Part III : Enhancing Your Applocation With Powerfull Android
Bagian ketiga memaparkan materi yang lebih lanjut mengenai aplikasi android, di mana penulis mengajak kita untuk bermain-main dengan gambar-gambar dan kamera, menambahkan bantuan jaringan pada aplikasi yang dibuat, fasilitas sosial dan membuat sebuah Home Screen App Widget.
  • Part IV : Adding Polish to Your Android Application
Bagian keempat memaparkan materi untuk membangun aplikasi android untuk berbagai devices. Dan di bagian ini, kemampuan dan skill pembaca akan lebih di asah untuk mengenal lebih dalam.
  • Part V : Publishing Your Application
Bagian kelima merupakan bagian yang sangat penting, di mana ketika anda selesai mendevelop sebuah aplikasi. Maka tahap selanjutnya adalah mempublikasikannya di Android Market.


Ketika anda mampu memahami dan mengerti materi yang dipaparkan penulis, maka bersiaplah menjadi seorang programmer android.


Menurut saya, buku ini layak dijadikan sebuah buku "pedoman" bagi orang-orang seperti anda yang mulai menyelami dunia pemrograman pada perangkat mobile.
Saya berkeinginan membuat tutorial sederhana yang mengacu pada buku ini.

So, tunggu yaa tutorial dari saya.

See yaa.

0 comments:

Post a Comment