June 23, 2014

Konsep Objek di Java

Image Source : www.w3resource.com

Obyek diciptakan dengan menggunakan suatu kelas objek sebagai template.  Adapun contoh pernyataan untuk membuat sebuah kelas sebagai berikut :
public class Mobil  {
}

Sebuah objek yang diciptakan dari kelas ini tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak memiliki Atribut (variable) atau perilaku (method).  Kedua hal tersebut perlu ditambahkan untuk membuat sebuah kelas yang berguna, seperti dalam pernyataan berikut: 

public class Mobil {
       int kecepatan;
        public void tampilkanKecepatan ​ ( ) {
             System.out.println ("Kecepatan : " + kecepatan+" km/h");
        }
}

 Bagian pertama dari kelas Mobil terdapat sebuah variabel speed dengan tipe Integer dan variabel ini dapat disebut sebagai atribut dari kelas Mobil. Bagian kedua dari kelas Mobil ini disebut method tampilkanKecepatan(). Method ini merupakan bagian dari perilaku objek. Dan juga method ini memiliki sebuah pernyataan System.out.println() yang memerintahkan program untuk menampilkan nilai kecepatan dari mobil.

Jika ingin menggunakan objek dari kelas Mobil dalam sebuah program, maka dapat digunakan pernyataan berikut untuk membuat objek nya :
Mobil datsun = new Mobil();
 Pernyataan ini membuat sebuah objek Mobil yang dinamakan datsun. Setelah objek dibuat, maka variabel dan method yang terdapat dalam kelas Mobil dapat di isi nilai nya dan digunakan. Contohnya, diisikan nilai variabel kecepatan dari objek datsun :
datsun.kecepatan = 200; 
Untuk menampilkan kecepatan dari mobil, maka gunakan method tampilkanKecepatan() seperti berikut :
datsun.tampilkanKecepatan(); 
Objek Mobil yang dinamakan datsun akan merespon pernyataan tersebut dengan menampilkan teks "Kecepatan : 200 km/h".


Referensi :
1) Ebook : Sams Teach Yourself Java in 24 Hours, 6th Edition

0 comments:

Post a Comment